Sabtu, 13 Agustus 2016

Cara mengatasi 'windows script host is disabled on this machine' pada windows anda


Gimana ga kesel coba guys, laptop baru sebulan, windows 10 terbaru, tapi eh tapi udah suka muncul error di sistemnya. Error yang gw maksud disini adalah error bertuliskan 'windows script host is disabled on this machine' yang muncul setiap kali abis login. Bersamaan dengan tulisan ini layar juga jadi hitam 'blackscreen' untuk sekitar 1 menitan.

Error yang muncul disertai blackscreen

Awalnya gw kira ini virus. Tapi setelah discan berulang-ulang dengan Smadav dan ADWcleaner tetap saja tidak ada virus atau apalah itu yang terdeteksi.

Dari google, hampir semua situs memberikan satu solusi yang sama untuk menghilangkan error 'windows script host is disabled on this machine' ini. Caranya yaitu dengan masuk ke regedit.exe lalu ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Setting dan merubah value key enabled disana menjadi 1.

Solusi yang ditawarkan oleh banyak situs

Tapi solusi ini ga berjalan buat gw. Kenapa? karena seteah gw liat-liat, gw ga punya key enabled disitu. Bikin baru? feeling gw bukan itu inti masalahnya, jadi ga perlu bikin key baru.

Lah di gw malah ga ada key 'enabled' nya. Kudu Piye?

Udah mulai stress, gw makin giat cari solusi lain yang ada di google. Dan hasilnya banyak. Mulai dari otak-atik di save mode, delete driver graphic card, ubah settingan display dan sebagainya. Tapi gw ga ngelakuin semuanya karena takut beresiko. Mana gw gaptek lagi. Haha..

Nah, solusi muncul saat gw coba googling dari situs-situs dalam negeri. Dalam halaman pertama google gw klik situs http://gylang-satria.blogspot.co.id/2016/04/cara-memperbaiki-windows-script-host.html. Di situs tesebut sang pemilik bercerita tentang pengalaman dia dalam mengatasi masalah error ini. Rata-rata yang dia lakuin sama dengan solusi-solusi yang ditawarkan orang-orang di google. Sama seperti gw, dia gagal. Tapi akhirnya dia berhasil berkat masukan dari orang lain. Apa itu? ajaibnya, solusinya sangatlah simple:

Izinkan Smadav untuk menjalankan Windows Script-nya

eaaaaa...ternyata error  'windows script host is disabled on this machine' ini muncul karena 'diblok' oeh Smadav. Dan masuk diakal juga berhubung masalah ini pertama muncul setelah gw install Smadav versi terbaru 10.6.

Klik kanan icon Smadav di toolbar kemudian centang Allow Windows Script & Macro (Forever)


Yaelah, hampir kan gw delete driver graphic card atau otak-atik sistemnya...Hahahaha

Jadi buat teman-teman yang mengalami masalah yang sama, bisa dicoba dulu dengan tips tersebut. Semoga membantu



3 komentar:

batsaddict 6 Desember 2016 pukul 17.12  

joss....!!!!! Gw udah ngulik sana-sini,, jeer gini doang ternyata.
Makasih banyak broo...

Unknown 23 Februari 2017 pukul 00.37  

waah terima kasih banyak ya gan, saya sudah muter muter web luar tapi tidak dapat fix. semoga masih update blog nya denga info2 menarik dan bermanfaat. Wasalam.

Unknown 14 Mei 2017 pukul 08.23  

thanks gan postingannya bermanfaat ane jadi terbantu, hampir ja ane Buat baru tadi karna ga ada valuenya

Posting Komentar

Ayo komentarnya dong...
jangan baca aja...
haha...

  © This site designed by ndakmaupakeotak @2008